knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Istilah Penting dalam CPA Marketing yang Wajib Anda Tahu

17 Mar  · 
2 min read
 · 
eye 5.909  
Digital Marketing Strategy

Istilah CPA Marketing

Istilah dalam marketing ada banyak, seperti CPA, publisher, offer, landing page, CPA network, conversion rate, dan sebagainya. Begitu pula saat Anda mau menerapkan CPA marketing, maka berbagai istilah CPA marketing perlu Anda pahami agar dapat menjalankan strateginya dengan baik. Yuk, cari tahu apa itu CPA marketing dan berbagai istilah penting dalam CPA marketing dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu CPA Marketing?

CPA (Cost per Action) marketing adalah strategi pemasaran di mana Anda sebagai pemasar atau advertiser hanya melakukan pembayaran pada iklan ketika terjadi target audiens melakukan tindakan tertentu, misalnya melakukan klik, mengunduh aplikasi, melakukan pembelian produk, mengisi formulir dan sebagainya.

Istilah-Istilah Penting dalam CPA Marketing

1. Advertiser

Advertiser adalah perusahaan atau individu yang ingin memasarkan produk atau layanan bisnis yang mereka miliki melalui publisher.

2. Affiliate

Affiliate adalah perusahaan atau perorangan yang mempromosikan dan memasarkan produk milik advertiser. Nanti setiap ada barang yang laku dari hasil promosi yang dilakukan, maka affiliate akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan. Affiliate dikenal pula dengan nama publisher.

3. Conversion Rate

Conversion rate adalah jumlah tindakan atau konversi yang berasal dari tindakan target audiens setelah melakukan klik pada link milik advertiser. 

Conversion rate juga bisa diartikan sebagai persentase pengguna yang mengunjungi landing page yang digunakan untuk menyelenggarakan kampanye pemasaran.

Contohnya: 100 audiens melakukan klik link milik advertiser, dan hanya 10 orang dari audiens tersebut yang menyelesaikan tindakan (mengisi formulir, melakukan pembelian, dsb), maka nilai conversion rate-nya adalah 10%.

4. Cookie Time Period atau Jangka Waktu Cookie

Cookie time period atau jangka waktu cookie adalah jumlah waktu penggunaan cookie yang dipasang pada landing page. Gunanya untuk melacak jumlah konversi maupun untuk menghitung komisi yang akan didapatkan publisher

5. EPC (Earnings Per Click)

EPC atau Earnings Per Click adalah metrik yang berguna untuk mengukur kinerja affiliate dan menunjukkan rata-rata pendapatan yang dihasilkan per klik iklan atau jumlah kunjungan ke landing page.

6. Konversi

Konversi adalah tindakan yang affiliate atau advertiser ingin target audiens lakukan. Contoh tindakannya, misalnya mengisi formulir, memasukkan email untuk berlangganan newsletter, melakukan pembelian produk, mengisi survey, dan sebagainya. Jumlah konversi inilah yang nantinya akan menentukan komisi dan pendapatan publisher

7. Landing Page

Landing page adalah halaman web yang menjadi tempat “mendarat” target audiens untuk melihat iklan milik advertiser, sekaligus melakukan tindakan tertentu yang disarankan. Halaman landing dibuat secara khusus untuk melakukan pemasaran dan promosi produk, layanan bisnis, maupun jasa. 

8. Network

Network atau dikenal pula dengan sebutan CPA network adalah platform yang menghubungkan advertiser dengan affiliate atau publisher untuk bersama-sama melakukan kampanye CPA marketing. Platform ini sekaligus juga bertindak sebagai pihak yang menangani manajemen kampanye, memantau kinerja, serta mengatur pembayaran.

9. Offer

Offer adalah penawaran yang bisa mendorong terjadinya konversi ketika target audiens melakukan suatu tindakan. Penawaran ini biasanya dilakukan oleh advertiser dalam bentuk voucher diskon pembelian, konten gratis, atau bisa pula berbentuk hadiah.

10. Publisher/Affiliate

Publisher atau affiliate adalah perusahaan maupun perorangan yang menyediakan ruang iklan bagi advertiser, bisa berbentuk situs web, blog, atau media sosial. 

Dengan kata lain, publisher atau affiliate menjadi partner advertiser untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan layanan bisnis milik advertiser di situs web milik mereka. 

11. Payout

Payout adalah jumlah uang yang advertiser bayarkan kepada affiliate atau publisher setelah jumlah konversi yang menjadi target sudah tercapai. Umumnya, nominal payout sudah ditentukan oleh advertiser sebelumnya dan telah menjadi kesepakatan bersama. 

12. Tracking Pixel

Tracking pixel adalah gambar kecil yang ditempatkan pada halaman web untuk melacak tindakan pengguna. Tracking pixel berguna untuk membantu advertiser dan affiliate memantau konversi dan kinerja kampanye yang mereka selenggarakan berkaitan dengan CPA marketing. 


Selain 12 istilah CPA marketing di atas, sebenarnya masih banyak istilah lainnya. Namun jika Anda baru pertama kali mengenal CPA marketing, maka istilah-istilah di atas penting untuk Anda tahu terlebih dahulu.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER