Ada banyak jenis digital marketing yang bisa diterapkan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis. Beberapa di antaranya bisa Anda baca pada artikel berjudul: 4 Jenis Digital Marketing yang Populer dan Cara Kerjanya Part 1.
Ada banyak jenis digital marketing yang bisa diterapkan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis. Beberapa di antaranya bisa Anda baca pada artikel berjudul: 4 Jenis Digital Marketing yang Populer dan Cara Kerjanya Part 1.
Nah, selain 4 jenis pemasaran digital yang sudah dijelaskan di artikel tersebut, ada 3 jenis lagi yang populer dan cukup memberi hasil signifikan pada hasil kampanye digital marketing. Yuk, langsung aja baca ulasan lengkapnya di bawah ini.
Email marketing adalah strategi digital marketing yang menggunakan email sebagai alat pemasaran. Kampanyenya berupa perencanaan dan pengiriman email kepada calon pelanggan potensial.
Isi emailnya tidak melulu mempromosikan produk atau layanan bisnis saja. Tetapi adakalanya Anda perlu mengirimkan konten how to, kisah inspiratif, artikel edukasi, dan sebagainya, dengan tujuan untuk membangun hubungan baik.
Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan strategi email marketing yang tepat sasaran, antara lain:
Setiap langkah di atas perlu Anda lakukan dengan urut dan sistematis demi mencapai tujuan kampanye yang Anda tetapkan. Pastikan pula pengiriman email sudah memperhatikan privasi dan aturan anti-spam.
Hal penting berikutnya, evaluasi dan analisis harus Anda lakukan secara rutin untuk mengetahui sukses tidaknya kampanye dan untuk menentukan strategi marketing berikutnya.
Influencer marketing adalah pemasaran dan promosi yang dilakukan di mana Anda bekerja sama dengan para influencer. Influencer adalah individu atau sekelompok orang yang memiliki popularitas dan pengaruh di media sosial.
Bekerja sama dengan mereka bisa membantu Anda mempromosikan dan memasarkan produk atau brand Anda kepada followers mereka.
Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat mau menjalankan pemasaran dengan menggandeng para influencer, antara lain:
Bekerja sama dengan influencer juga harus memperhatikan transparansi dan diskusi intens agar kegiatan promosi bisa mencapai target yang ditetapkan bersama.
Di masa sekarang, banyak orang yang lebih sering menggunakan perangkat mobile untuk berselancar dan mengakses internet dan media sosial, baik menggunakan smartphone atau jenis gadget lain.
Itulah sebabnya, saat ini sudah ada yang namanya mobile marketing, yaitu strategi pemasaran yang fokus untuk menjangkau pengguna perangkat mobile. Untuk menerapkannya, Anda perlu mengikuti tahapan berikut:
Penerapan mobile marketing menjadi solusi yang bagus untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial yang lebih sering menggunakan perangkat mobile.
Setelah mengenai jenis-jenis digital marketing, sekarang sudah waktunya Anda mencoba sendiri. Kemudian, tentukan strategi mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Hal ini karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan digital marketing. Apa saja manfaatnya? Cek di sini, yuk: Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Usaha.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC