7. Tidak Menerapkan Remarketing
Kebanyakan pebisnis fokus bagaimana cara mendatangkan audiens baru sebanyak mungkin masuk ke situs bisnis. Namun begitu sudah banyak audiens datang melalui pencarian organik, malah pemilik bisnis tidak segera mengenali kebutuhan masing-masing audiens.
Apakah audiens masuk ke situs sudah tertarik dengan produk, jasa atau layanan bisnis yang ditawarkan? Apakah audiens sudah beberapa kali berkunjung, namun masih butuh diyakinkan untuk mengambil keputusan membeli? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.
Dari sekian banyak audiens yang masuk ke situs bisnis Anda, belum bisa dikatakan strategi digital marketing Anda berhasil. Mereka masih bisa pindah ke tempat lain lho.
Itu sebabnya, pebisnis perlu melakukan remarketing untuk menjangkau dan merangkul para audiens sehingga bisa menjadi pelanggan loyal.
8. User Experience Itu Penting Tapi Malah Terabaikan
User experience atau pengalaman pengguna menjadi faktor penting yang akan membuat mereka bisa dekat dengan brand Anda.
Bahkan pengguna yang memiliki pengalaman yang baik dengan situs atau media sosial Anda, berpotensi akan menjadi pelanggan loyal yang bisa meningkatkan konversi.
Oleh karena itu, pastikan dalam penerapan strategi pemasaran yang Anda lakukan, pastikan audiens memiliki pengalaman yang menyenangkan, baik saat mereka berselancar di dalam website maupun di media sosial bisnis.
Misalnya, situs web memiliki navigasi yang mudah dan cepat, konten menarik dan informatif, serta desain responsif yang membuat audiens terus penasaran dengan bisnis dan produk Anda.
9. Konten Penuh dengan Jualan dan Memberi Kesan Memaksa
Salah satu kesalahan paling umum yang banyak pebisnis lakukan saat menerapkan digital marketing adalah memaksa penjualan. Hal ini bisa terlihat pada konten dan iklan yang memenuhi situs web maupun media sosial. Semuanya berfokus pada penjualan.
Padahal seharusnya fokus konten, baik konten di media sosial maupun artikel di web, adalah memberikan informasi dan edukasi yang bermanfaat sehingga bisa membantu audiens menyelesaikan masalah mereka.
Nanti kalau audiens sudah merasa terbantu, biasanya mereka akan dengan senang hati menjadi pelanggan loyal bisnis Anda.
Masih ada banyak kesalahan dalam digital marketing yang perlu Anda hindari. Nanti kita akan ulas lagi pada artikel lain di web Redcomm ini ya.
Pada ulasan 9 kesalahan penerapan digital marketing di atas, ada disebutkan kalau salah satu penyebab strategi Anda gagal adalah tidak melakukan analisis dan evaluasi. Untuk menghindarinya, pelajari yuk: 6 Strategi Analisis Data Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis.