
-
Search Engine
Meskipun ada banyak mesin pencari yang bisa digunakan dalam proses digital marketing websites, namun penting untuk Anda ketahui bahwa Google adalah search engine yang paling banyak digunakan di dunia, terutama oleh pengguna internet di Indonesia.
Pada mesin pencari inilah, Anda bisa mencari calon pelanggan potensial dan mendatangkan banyak traffic ke situs web Anda. Selain mengandalkan konten dan teknik SEO, Anda bisa memaksimalkan traffic dari mesin pencari dengan menggunakan iklan berbayar. Misalnya, melalui bantuan Google ads yang merupakan platform iklan berbayar yang disediakan pihak Google.
-
Facebook Group
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan media sosial Facebook ini, bukan? Facebook merupakan platform yang menyediakan berbagai fitur untuk pengguna internet dapat bertemu, berkumpul, berkomunikasi, dan bersosialisasi, terutama bagi orang-orang yang memiliki minat yang sama akan sesuatu.
Di saat yang sama, Facebook pun menyediakan fitur Facebook group. Melalui fitur inilah Anda bisa menjadikannya sebagai sumber traffic alternatif untuk website toko online Anda. Misalnya, website Anda menjual aneka gadget, maka Anda bisa mencari dan bergabung dengan grup yang sesuai dengan niche tersebut. Kemudian, Anda bisa membagikan URL situs bisnis Anda di sana.
-
Online Activation
Online activation adalah salah satu strategi digital marketing campaign yang bisa Anda coba. Caranya dengan mengadakan giveaway, endorsement, kuis interaktif, atau melakukan promo seperti buy one get one. Teknik ini tidak hanya bisa mendapatkan traffic bagi website toko online Anda, namun dapat sekaligus memperbanyak interaksi serta membangun engagement dengan para pembeli.

-
Pinterest
Meskipun belum terlalu populer di kalangan warganet, Pinterest merupakan media sosial yang unik dan bisa menjadi gudang ide baru untuk berbagai strategi digital marketing. Melalui Pinterest, semua konten unik dan bermanfaat akan Anda temukan dengan mudah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan Pinterest sebagai sumber traffic website bisnis Anda selain menggunakan Facebook, Google ads, dan teknik SEO.
Anda hanya perlu membuat akun bisnis di Pinterest dan melakukan pinning semua gambar yang ada di web toko online Anda. Jika sudah, lanjutkan dengan membuat board sesuai keyword website, dan sematkan URL ke halaman web Anda. Kemudian, lakukan follow orang yang menjadi target Anda dan bagikan pin tersebut.
-
Forum
Forum bisa dikatakan hampir sama seperti Facebook group, hanya berbeda platform saja. Apabila yang menjadi target market Anda adalah kalangan generasi milenial dan setelahnya, maka Anda bisa menjadikan Kaskus sebagai sumber traffic untuk toko online Anda. Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu membuat post yang sumbernya dari website digital business milik Anda. Jangan lupa untuk memberi komentar dalam setiap post yang dipublikasikan orang lain dengan cara meninggalkan jejak berupa alamat situs Anda.

-
Memanfaatkan Guest Post
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda melakukan guest post atau menjadi penulis tamu, di antaranya adalah semakin banyak orang yang mengenali situs Anda. Kemudian mendapat uang karena setiap artikel yang ditulis akan dibayar dan juga backlink sekaligus traffic ke website toko online Anda. Tak perlu khawatir dalam mencari tempat untuk menjadi penulis tamu, sebab ada banyak media yang memberikan kesempatan untuk hal tersebut, seperti IDN Times, Mojok, Hipwee, Babe, dan masih banyak lagi.
Nah, itulah tujuh sumber traffic bagi website bisnis Anda. Namun, jika Anda tidak ingin bersusah payah melakukan langkah-langkah di atas, cobalah untuk menggunakan jasa top digital agency. Semoga bermanfaat.