4. Gunakan Efek TikTok
Salah satu daya tarik dari TikTok, tersedia banyak sekali efek menarik yang bisa dieksplorasi. Anda bisa dimanfaatkan semua efek tersebut untuk menunjukkan kreativitas yang tidak terbatas. Ada enam kategori yang bisa dipilih, yaitu Trending, New, Selfies, World, Accessories, dan Animal Types. Semua itu, bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk mengkombinasikan beberapa efek sekaligus dalam satu video menggunakan teknik editing sederhana.
5. Pelajari TikTok Analytic
Sama halnya dengan platform media sosial lain yang sudah melengkapi setiap akun dengan analitik, TikTok pun begitu. Tujuannya, agar pemilik akun bisa melihat data keseluruhan dari aktivitas dalam profil mereka. Tidak semua akun terdapat menu analitik, melainkan harus dialihkan dulu menjadi akun bisnis.
Cara agar akun TikTok Anda bisa menjadi akun bisnis atau Pro Account, cukup ikuti petunjuk sederhana yang sudah disediakan pula di akun TikTok Anda. Lakukan pengaturan, terutama pada pemilihan kategori bisnis yang sesuai, lengkapi dengan nomor ponsel aktif untuk verifikasi, dan dalam waktu singkat akun Anda sudah menjadi akun bisnis.
Untuk melihat data analitik akun terbagi menjadi dua kerangka waktu, yaitu 7 hari atau 28 hari. Pantau secara rutin kemajuan dan perubahan mingguan maupun bulanan di akun Anda, maka akan terlihat jelas tingkat keberhasilan Anda dalam menerapkan setiap campaign dan bisa menjadi data tambahan untuk menentukan langkah strategis di kemudian hari.
Apabila Anda melihat overview dashboard atau ringkasan, Anda akan menemukan data mengenai berapa banyak tampilan video, pengikut, juga tampilan profil. Sementara itu, jika beralih pada dashboard konten, data yang muncul adalah gambaran mengenai jumlah postingan yang telah dibuat, juga video mana yang sedang tren.