Alat yang dapat digunakan untuk memantau kinerja strategi digital marketing yang Anda terapkan ada banyak macamnya, tergantung jenis pemasaran digital yang Anda gunakan.
Alat yang dapat digunakan untuk memantau kinerja strategi digital marketing yang Anda terapkan ada banyak macamnya, tergantung jenis pemasaran digital yang Anda gunakan.
Beberapa tools digital marketing, antara lain Google Analytics, SEMrush, Ahrefs, Canva, Google Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi. Yuk, baca penjelasan mengenai alat pemasaran digital dan cara kerjanya di sini.
Google Analytics adalah platform analisis web yang disediakan oleh Google dan bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja situs web, identifikasi sumber traffic, performa iklan yang di pasang di web atau aplikasi.
Fitur-fitur yang tersedia dalam Google Analytics, antara lain pelacakan pengunjung, analisis perilaku pengguna, pengukuran efektivitas kampanye pemasaran, hasil ads campaign, dan sebagainya.
Untuk bisa menggunakan Google Analytics, Anda perlu memasang kode pelacakan di situs web atau aplikasi yang ingin Anda pantau. Setelah kode pelacakan terpasang, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data, seperti jumlah pengunjung, halaman yang dikunjungi, dan perilaku pengguna lainnya.
Dengan tools ini, Anda bahkan dapat menampilkan iklan di berbagai situs web dan aplikasi yang terhubung dengan Google.
Fitur-fitur yang tersedia dalam Google Ads cukup banyak dan memudahkan Anda memasang iklan, seperti penargetan audiens, pemasangan dan pengelolaan iklan, pengukuran efektivitas iklan, dan kontrol atas anggaran iklan.
Menggunakan Google ads untuk memasang iklan juga memungkinkan Anda untuk memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan, menentukan kata kunci atau audiens yang relevan, dan menentukan anggaran iklan harian atau total.
Setelah iklan diaktifkan, Google Ads akan menampilkan iklan tersebut pada situs web atau aplikasi yang relevan dengan kata kunci atau audiens yang ditargetkan.
Ketika audiens melakukan klik pada iklan, Anda akan dikenakan biaya per klik (CPC) atau biaya per ribuan tayangan (CPM). Pengenaan biaya iklan ini tergantung pada jenis iklan yang Anda pilih.
Facebook Ads adalah platform iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook dan berguna untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis.
Menggunakan Facebook ads memungkinkan Anda menampilkan iklan pada feed, sidebar, maupun di aplikasi Facebook.
Anda dapat menargetkan pengunjung berdasarkan minat, usia, dan lokasi. Selain itu, Anda juga dapat menentukan budget untuk iklan, jangka waktu iklan tayang, dan jenis iklan yang diinginkan
Hootsuite adalah alat manajemen media sosial yang dapat membantu Anda untuk mengatur dan mengelola akun media sosial dalam satu dashboard.
Anda dapat mengatur postingan, mengukur performa kampanye, dan memantau interaksi audiens pada semua platform media sosial yang Anda gunakan untuk melakukan promosi dan pemasaran bisnis.
Ingin menerapkan strategi email marketing? Nah, Anda bisa menggunakan Mailchimp untuk cara yang lebih praktis.
Mailchimp adalah platform email marketing yang akan membantu Anda mengirim email ke daftar pelanggan. Beberapa fiturnya yang mumpuni, antara lain pembuatan email, pengiriman email otomatis, dan pelacakan performa kampanye.
Menggunakan Google Tag Manager akan memudahkan Anda memasang script dan tag pada website bisnis. Penggunaan tools ini mudah karena sudah ada petunjuk yang tinggal Anda ikuti saja.
Selain itu, tools digital marketing juga dapat memudahkan Anda dalam melacak konversi, retargeting, dan juga custom tracking pada website.
Canva adalah alat desain grafis online yang akan membantu Anda membuat dan memproduksi konten untuk media sosial dengan lebih efektif dan efisien.
Dengan menggunakan Canva, Anda jadi lebih mudah membuat gambar, infografis, dan materi pemasaran visual lainnya. Bahkan, Anda dapat memilih dari berbagai template atau membuat desain Anda sendiri.
Hotjar adalah platform yang membantu Anda dalam melakukan analisis website dari sudut pandang audiens yang mengunjungi situs web Anda.
Beberapa hal yang membuat Hotjar sangat berguna, Anda jadi lebih mudah mendapatkan informasi mengenai behavior audiens, halaman mana yang paling sering mereka kunjungi, serta memberikan saran dan rekomendasi dalam meningkatkan user experience pada situs.
Buffer adalah alat manajemen media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal postingan Anda di berbagai platform media sosial. Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk postingan Anda, dan Buffer akan mempostingkannya secara otomatis.
9 tools digital marketing di atas hanya sebagian kecil, mengingat masih banyak tools lain yang tersedia untuk memudahkan Anda menjalankan strategi digital marketing. Ikuti terus Redcomm Knowledge yang akan mengulas berbagai tips dan trik seputar digital marketing.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC