Metode FGD adalah metode analisis yang dilakukan dengan membuat grup diskusi. Kelompok ini biasanya terdiri dari 15 orang atau lebih, tergantung banyaknya orang yang berminat mengikuti diskusi tersebut. Nanti di setiap kelompok diskusi, harus ada satu moderator, peneliti dan responden.

Apa yang Didapatkan dari Metode Riset dengan FGD?
-
Merumuskan Semua Masalah yang Ada
Tahap pertama riset pasar menggunakan metode FGD adalah merumuskan masalah. Maksudnya, hal pertama yang akan dibahas pada forum mengenai masalah yang banyak dihadapi masyarakat, kemudian dibahas pula solusi seperti apa yang cocok untuk menyelesaikan masalah tersebut. Artinya, jika tidak ada masalah tentu tak perlu ada pembahasan, apalagi sampai mencarikan solusi, kan?
Jadi, tentukan masalah yang paling banyak dihadapi masyarakat dengan cara mengambil sampel dari peserta yang hadir di forum diskusi. Pembahasan mengenai masalah ini menjadi penting karena nanti menjadi penentu langkah-langkah apa yang harus dilakukan sekaligus sebagai bahan masukan untuk melakukan inovasi selanjutnya.
-
Desain dan Sampel Penelitian
Setelah membahas jenis masalah dalam forum FGD, selanjutnya menentukan desain dan sampel penelitian. Jenis sampel yang digunakan akan menentukan jenis kelompok yang perlu dihadirkan dalam forum. Biasanya, peserta kelompok yang hadir bisa dari sekelompok orang dengan minat yang sama atau justru dengan minat berbeda.

Salah satu hal penting dalam penentuan kelompok FGD adalah melihat keterwakilan dari jenis sampel yang dipilih. Jangan sampai kelompok yang diikutsertakan dalam diskusi tak mewakilkan kondisi pasar secara keseluruhan atau tidak relevan dengan tujuan yang ingin dicapai. Upayakan, peserta yang bisa ikut juga memiliki latar belakang dan sudut pandang yang beragam, sehingga hasil FGD bisa memberi masukan atau solusi dari berbagai sudut pandang.
-
Pengumpulan Semua Data yang Diperlukan
Berbeda dengan metode riset pasar lainnya, FGD menemukan data berdasarkan diskusi antar kelompoknya. Diskusi ini biasanya dipimpin oleh seorang moderator yang berfungsi sebagai pemimpin jalannya diskusi. Selain itu, terdapat juga pemantik atau pemateri bertugas untuk membuka obrolan atau sebuah permasalahan.
Setelah dipaparkan materi, maka beberapa kelompok nantinya dipersilahkan untuk menyampaikan pendapatnya. Dari pendapat yang dikemukakan inilah dapat tercipta pertukaran informasi serta menganalisis lebih dalam terkait hal paling dibutuhkan. Sehingga didapatkan data akurat dan paling tepat dengan kondisi pasar.

-
Penyusunan Data dan Pelaporan
Setelah melalui diskusi panjang, hasil yang didapatkan pastilah ada beberapa solusi. Peran moderator diperlukan pada tahap ini untuk menyampaikan terkait apa saja hal yang disetujui dan tidak disetujui dalam diskusi. Harapannya, seluruh peserta diskusi dapat menerima informasi dan solusi dari pembahasan yang telah dilakukan bersama.
Satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam melakukan riset pasar adalah menjadikan pelanggan dan pasar sebagai subjek atau tujuan utama. Pasalnya, analisis bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan bisa mengukur kemampuan dan merancang langkah-langkah yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.